Deskripsi Masalah :
Pak Faizal ingin
mengajarkan topik tentang perbandingan ,
di kelas V. Pak joko mempersiapkan 5 lingkaran, 3 lingkaran berwarna putih dan
2 lingkaran berwarna hitam. Sebelum anak-anak memulai materi tersebut Pak Faizal
menyampaikan bahwa pelajaran matematika hari ini adalah perbandingan sebagian
dan perbandingan keseluruhan. Sebelum pembelajaran dimulai Pak faizal
memberikan apersepsi tentang pengertian pecahan dan pecahan senilai. Kemudian
Pak Faizal melalui media yang sudah disiapkan menjelaskan definisi perbandingan
sebagian dan keseluruhan. Setelah itu, Pak Faizal menyuruh anak-anak untuk
menyelesaikan test akhir pembelajaran
tentang perbandingan. Setelah Pak Faizal memeriksa pekerjaan anak-anak ternyata
hasilnya sangat mengecewakan, karena hanya 7 anak dari 21 anak yang nilainya
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.
Penyelesaian Kasus/Analisis Kasus
1. Identifikasi
informasi kunci yang terdapat dalam kasus, antara lain :
a. Pak Faizal mengajarkan tentang topik perbandingan di kelas 5 sd.
a. Pak Faizal mengajarkan tentang topik perbandingan di kelas 5 sd.
b. Media yang disiapkan Pak Faizal Adalah 5
Lingkaran yang terbuat dari kertas dengan 3
lingkaran berwarna putih dan 2
lingkaran berwarna hitam.
c. Pak Faizal memberikan apersepsi dengan
mengatakan bahwa perbandingan terkait erat dengan
pecahan dan konsep pecahan senilai. Pak
Faizal juga mengatakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini adalah
definisi perbandingan dan pemecahan soal yang berhubungan dengan perbandingan.
d. Dalam kegiatan inti, Pak Joko
menyuruh anak-anak untuk memecahkan soal-soal yang
berhubungan dengan perbandingan.
e. Dari pemeriksaan terhadap
hasil kerja siswa didapat hasil yang mengecewakan karena
hanya 7 anak yang nilainya memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal dari 21 anak dalam kelas tersebut.
3. Perumusan masalah yang ditemukan
Mengapa pembelajaran
yang dilakukan Pak faizal tidak memberikan hasil yang memuaskan?
4. Analisis penyebab masalah yang terjadi
a. Kegiatan apersepsi yang diberikan Pak
faizal kurang sempurna. Pak Faizal tidak
memfokuskan perhatian siswa pada topik
yang akan dibahas.
b. Strategi Pak Faizal dalam menjelaskan
cara pemecahan soal cerita yang berhubungan
dengan perbandingan kurang tepat.
c. Karena keterbatasan alokasi waktu, Pak
Faizal lupa menjelaskan cara memecahkan soal
cerita perbandingan yangberhubungan
dengan selisih suatu nilai.
d. Penilaian yang dilakukan Pak Faizal hanya
mencakup penilaian kognisi, sementara
penilaian pada aspek psikomotor dan
afektif tidak digunakan.
5. Alternatif pemecahan dari penyebab masalah :
Setelah guru mengamati secara seksama gejala-gejala yang timbul dari kegiatan pembelajaran dikelas, maka pada pada rencana perbaikan mendatang guru mengatur pengalokasian waktu lebih cermat, guru menjelaskan apa manfaat mempelajari perbandingan dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih termotivasi dalam mempelajari materi perbandingan, dan guru menggunakan penilaian kognisi, psikomotor, dan afektif dalam mengevaluasi test diakhir pembelajaran.
6. Alternatif pemecahan masalah :
Alat ukur penilaian yang digunakan dalam mengevaluasi kegiatan pembelajaran harus mampu menilai 3 aspek penilaian yaitu kognisi, psikomotor, dan afektif.
7. Alternatif yang akan digunakan :
No comments:
Post a Comment