Sunday 29 November 2015

Bab 1 Pendahuluan PTK IPA SD Kelas V materi sifat - sifat cahaya dengan penerapan metode eksperimen

PERBAIKAN TEKNIS PENERAPAN  METODE PEMBELAJARAN  EKSPERIMEN DAN
PERBAIKAN BUTIR SOALTES
SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA
SISWA KELAS V SD …
BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Adanya masalah dalam pembelajaran bukan semata-mata karena ketidakmampuan murid dalam menerima pemahaman yang disampaikan oleh guru. Masalah dalam pembelajaran juga dapat disebabkan  faktor kinerja guru dalam mengajar. Maka oleh karena itu guru diharapkan dapat menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa melalui pemilihan dan penerapan metode belajar dengan tepat. Bagaimana teknis metode belajar itu dijalankan merupakan unsur yang tak bisa diabaikan. Tidak adanya kronologi teknis metode belajar yang diterapkan akan membawa implikasi pada hasil belajar yang dilakukan di kelas.
Metode eksperimen sangat cocok diterapkan pada pembelajaran IPA khususnya pada materi pokok Sifat-sifat Cahaya karena konsep pada pokok materi Sifat-sifat Cahaya berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-sehari sehingga untuk memahami konsep tersebut guru tidak cukup hanya dengan memberikan penjelasan langsung kepada siswa tetapi juga harus melalui praktek atau percobaan sendiri yang dilakukan oleh siswa sehingga siswa akan lebih memahami dan percaya atas kebenaran konsep atau kesimpulan setelah melakukan percobaan yang dilakukannya sendiri. Metode eksperimen dapat diartikan sebagai suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan praktikum. Dengan penerapan metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam kinerja guru dalam mengoptimalkan aktivitas belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswanya.
Dipicu munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini dikelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.  Sebagaimana dalam pembelajaran IPA  nilai hasil belajar siswa dibawah KKM pada materi sifat-sifat cahaya. Dengan penentuan nilai KKM 70, dari 8 siswa yang tuntas dalam pembalajaran hanya 38% dan yang belum tuntas 62%.   Hal itu menunjukkan ada 5 siswa dari 8 siswa yang nilainya kurang dari KKM.
Berdasarkan identifikasi yang peneliti lakukan adalah siswa belum menguasai konsep secara sempurna dari  simpulan pada kegiatan eksperimen yang telah dilakukan,  Beberapa siswa tidak membawa alat peraga pada kegiatan eksperimen,   dan hasil belajarnya kurang dari kkm.
Penyabab terjadinya masalah pembelajaran ini karena Pengalokasiaan waktu yang diorganisasikan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar materi penerapan sifat-sifat cahaya terlalau sedikit, guru tidak menjalankan teknis metode eksperimen dengan benar, semua soal yang diberikan guru adalah soal tes uraian yang banyak menuntut proses berpikir tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi. Alasan awal guru memilih tes uraian karena tujuan pembelajaran yang ingin diukur adalah tujuan pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi. Di samping itu jumlah siswa juga tidak terlalu banyak sehingga guru masih mempunyai banyak waktu untuk memeriksa hasil pekerjaan siswa.
Hal ini menyababkan peneliti perlu melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013 semester II berdasarkan masalah yang muncul pada kegiatan balajar mengajar. Tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar dilihat dari beberapa kriteria salah satunya adalah ketercapaian KKM. Rendahnya hasil belajar siswa berimplikasi kepada ketidak tercapainya KKM. Ini menunjukkan ada yang salah dengan KBM yang guru lakukan.
  
B.      RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yaitu :
a. Bagaimanakah pengaruh perbaikan teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen  dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD .. Tahun Pelajaran 2012/2013

b.    Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diperbaikinya teknis  penerapan metode eksperimen dan perbaikan butir soal tes mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD … Tahun Pelajaran 2012/2013

2.      Pemecahan Masalah
Melihat permasalahan yang timbul yaitu kurangnya keterampilan guru untuk memecahkan masalah siswa yang teridentifikasi dalam kegiatan pembelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa masalah dalam pembelajaran IPA tersebut lebih banyak disebabkan oleh guru tidak menjalankan teknis metode eksperimen dengan benar, semua soal yang diberikan guru adalah soal tes uraian yang banyak menuntut proses berpikir tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi.
Atas dasar hal tersebut, maka peneliti beranggapan bahwa perbaikan teknis metode dan perbaikan butir soal tes  perlu dilakukan.
Bentuk kegiatannya berupa penelitian tindakan kelas yang laksanakan di Kelas V SD …

A.       Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.        Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk :
1.       mengetahui pengaruh setelah dilakukan perbaikan teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen  dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SDS …  Tahun Pelajaran 2012/2013

2.       ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukan perbaikan teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen  dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD … Tahun Pelajaran 2012/2013

2.          Manfaat Penelitian
1. Bagi siswa :
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran-pelajaran IPA di SD …
2.Bagi Guru :                                                        
Memberikan informasi tentang perbaikan teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen  dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD … Tahun Pelajaran 2012/2013

3.      Bagi Peneliti Lain

Mendapat temuan atau gambaran tentang bagaimana cara memperbaiki teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen  dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD Tahun Pelajaran 2012/2013
Rockidealism
Blog Berbagi Hal sederhana Updated at: 08:05

No comments: