PERBAIKAN TEKNIS
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DAN
PERBAIKAN BUTIR
SOALTES
SEBAGAI UPAYA
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA
SISWA KELAS V SD …
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Adanya
masalah dalam pembelajaran bukan semata-mata karena ketidakmampuan murid dalam
menerima pemahaman yang disampaikan oleh guru. Masalah dalam pembelajaran juga
dapat disebabkan faktor kinerja guru
dalam mengajar. Maka oleh karena itu guru diharapkan dapat
menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa melalui pemilihan dan
penerapan metode belajar dengan tepat. Bagaimana teknis metode belajar itu
dijalankan merupakan unsur yang tak bisa diabaikan. Tidak adanya kronologi
teknis metode belajar yang diterapkan akan membawa implikasi pada hasil belajar
yang dilakukan di kelas.
Metode eksperimen
sangat cocok diterapkan
pada pembelajaran IPA khususnya pada materi pokok Sifat-sifat Cahaya karena
konsep pada pokok materi Sifat-sifat Cahaya berkaitan langsung dengan kehidupan
sehari-sehari sehingga untuk memahami konsep tersebut guru tidak cukup hanya
dengan memberikan penjelasan langsung kepada siswa tetapi juga harus melalui
praktek atau percobaan sendiri yang dilakukan oleh siswa sehingga siswa akan
lebih memahami dan percaya atas kebenaran konsep atau kesimpulan setelah
melakukan percobaan yang dilakukannya sendiri. Metode eksperimen
dapat diartikan sebagai suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam
kegiatan praktikum. Dengan penerapan metode pembelajaran tersebut diharapkan
dapat memberikan nuansa baru dalam kinerja guru dalam mengoptimalkan aktivitas
belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswanya.
Dipicu munculnya kesadaran pada diri guru
bahwa praktik yang dilakukannya selama ini dikelas mempunyai masalah yang perlu
diselesaikan. Sebagaimana dalam
pembelajaran IPA nilai hasil belajar
siswa dibawah KKM pada materi sifat-sifat cahaya. Dengan penentuan nilai KKM
70, dari 8 siswa yang tuntas dalam pembalajaran hanya 38% dan yang belum tuntas
62%. Hal itu menunjukkan ada 5 siswa dari 8 siswa yang nilainya kurang dari
KKM.
Berdasarkan
identifikasi yang peneliti lakukan adalah siswa belum menguasai konsep secara
sempurna dari simpulan pada kegiatan
eksperimen yang telah dilakukan,
Beberapa siswa tidak membawa alat peraga pada kegiatan eksperimen, dan hasil belajarnya kurang dari kkm.
Penyabab
terjadinya masalah pembelajaran ini karena Pengalokasiaan waktu yang
diorganisasikan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar materi penerapan
sifat-sifat cahaya terlalau sedikit, guru tidak menjalankan teknis metode
eksperimen dengan benar, semua soal yang diberikan guru adalah soal tes uraian
yang banyak menuntut proses berpikir tinggi seperti analisis, sintesis, dan
evaluasi. Alasan awal guru memilih tes uraian karena tujuan pembelajaran yang
ingin diukur adalah tujuan pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir
tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi. Di samping itu jumlah
siswa juga tidak terlalu banyak sehingga guru masih mempunyai banyak waktu
untuk memeriksa hasil pekerjaan siswa.
Hal ini
menyababkan peneliti perlu melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas
V SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013 semester II berdasarkan masalah yang muncul
pada kegiatan balajar mengajar. Tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar
dilihat dari beberapa kriteria salah satunya adalah ketercapaian KKM. Rendahnya
hasil belajar siswa berimplikasi kepada ketidak tercapainya KKM. Ini
menunjukkan ada yang salah dengan KBM yang guru lakukan.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian
latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yaitu :
a. Bagaimanakah
pengaruh perbaikan teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya
peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V
di SD .. Tahun Pelajaran 2012/2013
b. Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diperbaikinya teknis penerapan metode eksperimen dan perbaikan
butir soal tes mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD … Tahun Pelajaran
2012/2013
2. Pemecahan Masalah
Melihat
permasalahan yang timbul yaitu kurangnya keterampilan guru untuk memecahkan
masalah siswa yang teridentifikasi dalam kegiatan pembelajaran.
Dapat disimpulkan
bahwa masalah dalam pembelajaran IPA tersebut lebih banyak disebabkan oleh guru tidak
menjalankan teknis metode eksperimen dengan benar, semua soal yang diberikan
guru adalah soal tes uraian yang banyak menuntut proses berpikir tinggi seperti
analisis, sintesis, dan evaluasi.
Atas dasar hal
tersebut, maka peneliti beranggapan bahwa perbaikan teknis metode dan perbaikan
butir soal tes perlu dilakukan.
Bentuk
kegiatannya berupa penelitian tindakan kelas yang laksanakan di Kelas V SD …
A.
Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian
ini bertujuan untuk :
1. mengetahui
pengaruh setelah dilakukan perbaikan teknis penerapan metode
pembelajaran eksperimen dan perbaikan
butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat
cahaya mata
pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SDS … Tahun Pelajaran 2012/2013
2. ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukan perbaikan teknis
penerapan metode pembelajaran eksperimen
dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan
menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD …
Tahun Pelajaran 2012/2013
2.
Manfaat Penelitian
1. Bagi siswa :
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan
sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran-pelajaran IPA di SD …
2.Bagi Guru :
Memberikan informasi tentang perbaikan
teknis penerapan metode pembelajaran eksperimen
dan perbaikan butir soal tes sebagai upaya peningkatan kemampuan
menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran IPA pada siswa kelas V di SD …
Tahun Pelajaran 2012/2013
3.
Bagi Peneliti
Lain
Mendapat temuan
atau gambaran tentang
bagaimana cara memperbaiki teknis penerapan metode pembelajaran
eksperimen dan perbaikan butir soal tes
sebagai upaya peningkatan kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pe lajaran
IPA pada siswa kelas V di SD …
Tahun Pelajaran 2012/2013
No comments:
Post a Comment