Thursday 26 November 2015

Bab penutup Pada Tugas PTK

PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari penelitian yang dilakukan, maka  dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Penerapan media gambar foto dalam setiap siklusnya diawali dengan menyajikan materi, dan media gambar foto di depan kelas, pada kegiatan inti siswa diberikan LKK (dalam bentuk portofolio) secara berkelompok. Setelah itu siswa mempresentasikan ke depan kelas, guru memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran bersama-sama.

2.    Kualitas aktivitas siswa meningkat setelah diterapkannya media gambar foto pada materi pelajaran IPS menceritakan  peristiwa menyenangkan  di kelas I SD ... tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut terlihat pada siklus I dan siklus II, tampak bahwa aspek keaktifan dalam kerja kelompok diperoleh nilai ketercapaian siswa adalah 85 (kualitas tinggi) pada siklus I dan 90 (kualitas tinggi) pada siklus II. Aspek tata karma dan mau mendengarkan orang lain nilai ketercapaian siswa adalah 90 (kualitas tinggi) pada siklus I dan 95 (kualitas tinggi) pada siklus II. Kerjasama dalam kelompok, siswa memperoleh nilai ketercapaian 85 (kualitas tinggi) pada siklus I dan 90 (kualitas tinggi) pada siklus II. Dan pada aspek berpendapat, siswa memperoleh nilai ketercapaian  50 (kualitas sedang) pada siklus I dan 85 (kualitas tinggi) pada siklus II.

3.    Setelah diterapkannya media gambar foto hasil belajar siswa meningkat pada materi pelajaran IPS menceritakan  peristiwa menyenangkan  di Kelas I SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut terlihat dari ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa pada tiap siklus. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 53,33% (kategori kurang) dan 80% (baik sekali/optimal). Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai. Presentase hasil ketuntasan belajar klasikal pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 75% (kategori baik sekali/optimal) dari keseluruhan siswa di kelas tersebut telah tuntas belajar (Djamarah, 2005:97), dan mencapai KKm 70.

4.    Kelemahan-kelemahan yang muncul selama penerapan media gambar foto pada siklus I dapat diatasi dengan baik pada siklus II, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.
B.       Saran
Dari hasil penelitian yang diperoleh, agar kegiatan belajar mengajar IPS lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan saran sebagai berikut :
1.      Bapak dan ibu guru yang lain dapat menggunakan media ini yaitu penerapan media gambar foto untuk mendukung keaktifan siswa dalam KBM.
2.      Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut, karena hasil penelitian inbi hanya dilakukan di SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013.

3.      Untuk penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.
Rockidealism
Blog Berbagi Hal sederhana Updated at: 23:36

No comments: