PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari penelitian yang dilakukan,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Penerapan
media gambar foto dalam setiap siklusnya diawali dengan menyajikan materi, dan
media gambar foto di depan kelas, pada kegiatan inti siswa diberikan LKK (dalam
bentuk portofolio) secara berkelompok. Setelah itu siswa mempresentasikan ke
depan kelas, guru memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran
bersama-sama.
2. Kualitas
aktivitas siswa meningkat setelah
diterapkannya media gambar foto
pada
materi pelajaran
IPS menceritakan peristiwa menyenangkan di kelas I SD ... tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut terlihat pada
siklus I dan siklus II, tampak bahwa aspek keaktifan dalam kerja kelompok
diperoleh nilai ketercapaian siswa adalah 85 (kualitas tinggi) pada siklus I
dan 90 (kualitas tinggi) pada siklus II. Aspek tata karma dan mau mendengarkan
orang lain nilai ketercapaian siswa adalah 90 (kualitas tinggi) pada siklus I
dan 95 (kualitas tinggi) pada siklus II. Kerjasama dalam kelompok, siswa
memperoleh nilai ketercapaian 85 (kualitas tinggi) pada siklus I dan 90
(kualitas tinggi) pada siklus II. Dan pada aspek berpendapat, siswa memperoleh
nilai ketercapaian 50 (kualitas sedang)
pada siklus I dan 85 (kualitas tinggi) pada siklus II.
3.
Setelah
diterapkannya media gambar
foto
hasil belajar siswa meningkat pada materi pelajaran IPS menceritakan peristiwa menyenangkan di Kelas I SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut terlihat dari
ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa pada tiap siklus. Ketuntasan
belajar meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 53,33% (kategori
kurang) dan 80% (baik sekali/optimal). Pada siklus II ketuntasan belajar secara
klasikal telah tercapai. Presentase hasil ketuntasan belajar klasikal pada
siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 75%
(kategori baik sekali/optimal) dari keseluruhan siswa di kelas tersebut telah
tuntas belajar (Djamarah, 2005:97), dan mencapai KKm 70.
4. Kelemahan-kelemahan
yang muncul selama penerapan media gambar foto pada siklus I dapat diatasi
dengan baik pada siklus II, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
dapat tercapai.
B.
Saran
Dari
hasil penelitian yang diperoleh, agar kegiatan belajar mengajar IPS lebih
efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan
saran sebagai berikut :
1.
Bapak dan ibu guru yang lain dapat
menggunakan media ini yaitu penerapan media gambar foto untuk mendukung
keaktifan siswa dalam KBM.
2.
Perlu adanya penelitian yang lebih
lanjut, karena hasil penelitian inbi hanya dilakukan di SD ... Tahun Pelajaran 2012/2013.
3.
Untuk penelitian yang serupa hendaknya
dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.
No comments:
Post a Comment